Minggu, 10 Februari 2013

Uji kecepatan Ponsel Dengan Benchmark


Benchmark, merupakan salah satu cara untuk mengukur kehandalan dari sebuah hardware. Benchmark sendiri biasa digunakan untuk mengetes kecepatan dan kehandalan komputer atau notebook. Device yang ditest meliputi kecepatan processor, internal RAM, hardisk drive, VGAdan device lainnya.
Tidak hanya komputer, sekarang perangkat mobile pun biasa diuji menggunakan software benchmark. Penyebab semua ini, tidak lain dan tidak luput karena chip pada perangkat mobile saat ini menggunakan processor berkecepatan tinggi dengan fungsi yang lebih kompleks.

Begitu juga dengan ponsel berbasis Android, user bisa mencoba kehandalan hardware dengan cara melakukan benchmark pada Android.
Jika sedang bingung bagaimana cara melakukan benchmark pada Android, di bawah ini kami berikan daftar software yang biasa digunakan untuk Android:

1) Quadrant

 Benchmark

Quadrant adalah aplikasi yang paling banyak digunakan untu melakukan benchmark pada Android. Aplikasi ini sudah menyediakan dengan lengkap semua hal keperluan benchmark dari Andoird. Proses pengujian benchmark menggunakan Quadrant tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak akan mengganggu waktu anda dengan keperluan lain.
Pooses pengujian akan mengukur kecepatan Processor, Internal Memory dan GPU (Graphics Processing Unit) yang dikombinasikan dengan OS Android. Hasil pengujian bisa langung dilihat dalam bentuk diagram yang sudah dibandingkan dengan ponsel merek dan tipe yang lain. Diagram perbandingan ini akan mempermudah pengguna untuk melihat seberapa besar kinerja Android yang sedang mereka pakai.

Selain sebagai test kecepatan, Quadrant juga bisa digunakan sebagai referensi ketika ingin membeli ponsel Androd jenis tertentu.
Download .aplikasi Quadrant

2) NenaMark


Meskipun Quadrant sudah menyediakan test hasil pengujian GPU, nampaknya hal tersebut belum bisa jadi panduan dalam menentukan seberapa besar kecepatan pemrosesan grafis pada ponsel. Jika ingin menguji kecepatan grafis yang sebenarnya, NenaMark bisa menjadi alternatif terbaik untuk menguji kehandalan grafis pada ponsel Android.

NenaMark secara otomatis akan merender grafis secara berkala, dengan kecepatan frame tertentu yang akan diproses oleh NenaMark sebagai acuan dari pengujian. Jika proses pengujian selesai, anda bisa melihat berapa score dari GPU Android anda. Anda juga bisa membandingkan hasil tersebut dengan cara mengirimnya ke website NenaMark. Lihat berapa urutan ponsel anda jika dibandingkan dengan yang lain.
Download NenaMark  atau pergi ke Android Market dan temukan dengan kata kunci NenaMark.
3) Rightware Browsermark

 Benchmark

Seperti namanya, benchmark yang satu ini bukan merupakan aplikasi namu merupakan online benchmark. Untuk menggunakannya,koneksikan Androd ke internet, buka website ini dan segera lakukan pengujian. Halaman web akan refresh otomatis secara berkala dan menandakan proses sedang berjalan.

Setelah semua proses selesai, browsermark akan menampilkan skor keseluruhan dari ponsel Android. Bisa diinginkan anda juga bisa membandingkannya dengan hasil pengujian yang sudah dilakukan orang lain.

Download aplikasi  Rightware Browsermark

Terkait

Description: Uji kecepatan Ponsel Dengan Benchmark Rating: 4.5 Reviewer: innasantosa ItemReviewed: Uji kecepatan Ponsel Dengan Benchmark
Al
Santosa Sparta Updated at: 21.15

0 komentar:

Posting Komentar